Kisah Si Kura-Kura Vs Si Kancil

Kisah Si Kura-Kura Vs Si Kancil
by Efendi SE, CH.
Kita semua tentu pernah mendengar cerita Si Kura-Kura melawan Si Kancil dalam perlombaan lari. Nah ini adalah cerita versi barunya (edisi yg ditambahkan). Cerita pertama sama seperti cerita yg pernah kita dengar waktu kecil. Ceritanya adalah Si Kura-Kura dan Si Kancil berlomba lari. Perlombaannya dimenangkan Si Kura-Kura karena Si Kancil tertidur ketika di tengah perlombaan.

kancil dan kura

Nah cerita kedua (lanjutannya) adalah Si Kancil pulang ke rumah setelah kalah di perlombaan pertama itu. Si kancil terus berpikir dan tidak bisa tidur hari itu. Si kancil terus bertanya di dalam hatinya “mengapa saya bisa kalah?” dan akhirnya Si Kancil menemukan jawabannya. Esok harinya, Si Kancil menantang Si Kura-Kura untuk bertanding ulang, dan Si Kura-Kura pun dengan santainya menjawab ” Ayo, siapa takut! “. Perlombaan pun dimulai dan akhirnya perlombaan kedua dimenangkan oleh Si Kancil karena Si Kancil terus berlari secara terus menerus tanpa ketiduran lagi.

Setelah kalah, giliran Si Kura-Kuranya yg bingung dan Si Kura-Kura pun bertanya dalam hati “Mengapa saya bisa kalah”. Si Kura-Kura pun pulang dengan penuh kebingungan dan gak bisa tidur juga hari itu. Si Kura-Kura terus berpikir dan akhirnya Si Kura-Kura menemukan jawabannya.
Nah keesokan harinya, Si Kura-Kura pun menantang Si Kancil untuk bertanding ulang. Tetapi Si Kura-Kura mengganti medan perlombaannya (yang tadinya di jalan yg datar menjadi jalan yg berliku-liku serta melewati anak sungai). Si Kancil pun setuju. Si Kancil berkata ” ok, siapa takut” Perlombaan ketiga pun dimulai. Saat tiba di area anak sungai, Si Kancil pun berhenti karena Si Kancil tidak bisa berenang. Akhirnya perlombaan ketiga pun dimenangkan oleh Si Kura-Kura.
Karena Si Kancil dan Si Kura-Kura sudah sangat lelah  dalam bersaing, akhirnya mereka memutuskan untuk bekerja sama. Di perlombaan keempat, mereka bekerja sama. Mereka tiba di garis finish dengan catatan waktu yg lebih singkat dibandingkan dengan hasil di perlombaan pertama, kedua, dan ketiga.
AHA, apa yang bisa kita pelajari dari kisah ini antara lain :

1. Tidak boleh malas karena malas Si Kancil kalah dalam perlombaan pertama.

2. Harus konsisten karena Si Kancil secara terus menerus berlari tanpa henti. Si Kancil memenangkan perlombaan kedua.

3. Strategi karena Si Kura-Kura mengganti medan perlombaannya menjadi jalan yg berliku-liku dan melewati anak sungai, akhirnya Si Kura-Kura pun memenangkan perlombaan ketiga.

4. Kerja Sama karena kerjasama antara Si Kura-Kura dan Si Kancil, maka hasil yang dicapai pun lebih baik yaitu catatan waktu yg lebih singkat.
Semoga kisah ini dapat memberikan sedikit inspirasi bagi para pembacanya.

Please follow and like us:
Posted in Artikel, Motivasi Tagged with: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*